A
 
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT "PENERAPAN SITABE(SIMULASI TANGGAP BENCANA GEMPA DAN TSUNAMI) PADA SISWA SMA DIKOTA PADANG TAHUN 2013
Admin(IR)
06/11/2023 15:29 WIB
Dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi Dosen Prodi Sarjana Terapan Keperawatan-Ners Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Padang, Selasa 17 Oktober 2023 diadakan Pengabdian Masyarakat "Penerapan SITABE (Simulasi Tanggap Bencana Gempa dan Tsunami) pada Siswa SMA dikota Padang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan peserta yang berasal dari 3 SMA dikota padang yang letak geografisnya berada di pinggir pantai padang yaitu SMA Baiturrahmah Padang, SMA YAPI Padang, dan SMA 2 Muhammadiyah Padang.

Ibu Ns. Zolla Amely Ilda, S.Kep, M.Kep sebagai Ketua TIM Pengabmas dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan pelaksanaan dari Visi Misi Prodi Sarjana Terapan Keperawatan-Ners Unggulan Keperawatan Bencana. Ibu Zola juga menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat didukung dengan program BPPD kota padang dimana bapak Robert Candra Eka Putra, S.Sos, M.Si selaku Sekretaris BPBD Kota Padang juga hadir sebagai Narasumber dengan materi Kesiapsiagaan dan Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami.

Dalam kegiatan ini Dosen Keperawatan yang merupakan anggota Tim pengabdian masyarakat ibu Ns. Indri Ramadini, M.Kep dan ibu Efitra, S.Kp, M.Kep juga melaksanakan simulasi Tanggap Darurat Gempa, dimana kegiatan ini langsung di pratekkan oleh siswa dan juga guru pendamping. Rencana tindak lanjut dari kegiatan ini adalah tim pengabdian masyarakat Poltekkes akan mendampingi peserta Simulasi (Siswa dan guru pendamping) untuk membentuk Kelompok Tanggap Bencana di Sekolah masing-masing dengan kata lain semua peserta yang memngikuti Simulasi akan menjadi perpanjangan tangan dari sekolah yang ditunjuk untuk membentuk Sekolah Sadar dan Tanggap Bencana.
menghubungi server
Q
test